IIMS 2024 Resmi Dibuka Jokowi, Tekankan Kembali Eksistensi Kendaraan Listrik

Selang sehari setelah Pemilu 2024 pada Rabu 14 Ferbruari, Pameran otomotif Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2024 resmi dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Kamis (15/2). Pameran otomotif pertama di awal tahun ini berlangsung di Jakarta International Expo (JIEXPo) Kemayoran, Jakarta hingga 25 Pebruari 2024.

Jokowi didampingi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju mulai dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dan Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

“Dengan mengucapkan bismillah, pada hari ini saya resmikan Pameran IIMS 2024,” kata Jokowi singkat sambil menekan tombol, tanda dimulainya IIMS 2024.

Dalam sambutannya, Jokowi menekankan kembali eksistensi Battery Electric Vehicle atau dikenal kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) merupakan masa depan industri otomotif Indonesia.

“Pemerintah berkomitmen terus menggenjot ekosistem kendaraan listrik dan peraturan insentif pajak terkait nilai pajak PPN. Namun sementara ini belum ada lagi penambahan pengurangan pajak.  Tapi ke depannya kita terus mendorong industri mobil listrik di dalam negeri didukung kandungan lokal dan baterai Nikel agar bisa bersaing dengan negara-negara lain,” kata Jokowi.

Usai membuka pameran bertema “IIMS Infinite Show” ini, Jokowi berkeliling mengunjungi booth peserta. Singgah di beberapa brand mobil yang mulai banyak dipajang mobil-mobil listrik dan motor lsitrik. Setidaknya pameran ini diikuti 21 brand mobil dan 11 brand motor serta industri pendukung, digelar di Hall A, B, C dan D termsuk area outdoor untuk test drive dan aktivitas lainnya.

Dua brand pendatang baru mobil listrik BYD dan Vinfast bahkan menggelar area booth cukup besar untuk memamerkan lini produknya. Tak kecuali, brand lain yang sudah ada lebih dulu tak mau kalah meluncurkan model barunya. Seperti Wuling, MG, Omoda, Hyundai, Mitsubhisi, dan BMW.

Di booth motor, ajang otomotif ini diramaikan rilis terbaru seperti ALVA, BMW Motorrad, Polytron, Royal Enfield dan brand lainnya. IIMS 2024 menghadirkan lebih dari 30 pendukung yang menjangkau berbagai aspek dalam program yang patut dinantikan antara lain Test Drive, Test Ride, dan EV Test Ride, Indonesia Offroad Federation (IOF), RC Adventure dan International Automodified, PAHAMI Audio Contest, Special Guest Experience, PPMKI Car Display, hingga IIMS Community Experience.

Tinggalkan Balasan